Untuk informasi terkini mengenai kasus David Hartanto, silahkan kunjungi www.davidhartanto.com

Minggu, Juli 26, 2009

Kejanggalan Kesaksian Para Saksi di Pengadilan

Berikut ini adalah daftar kebohongan-kebohongan dan kejanggalan-kejanggalan dari kesaksian para saksi yang ditemukan oleh pihak keluarga :

Chan Kap Luk (CKL)

Menurut CKL, David menusuk punggungnya lalu berusaha menusuk lagi, CKL menghindar dan terjatuh ke lantai. Ketika David berusaha menyerang lagi, CKL berhasil memegang dan merebut bagian pisaunya dengan tangan kanannya dan mematahkan pisau dari gagangnya yang dipegang David. Masuk akalkah perkataannya itu? Mungkin CKL mempunya tenaga yang besar karena dia mantan anggota pertahanan militer tetapi David yang berbadan kurus tidak mungkin mempunyai tenaga sebesar CKL untuk menahan gagang pisau yang bisa mengakibatkan pisau bisa patah dari gagangnya. Kata CKL setelah itu pisau terus berada ditangannya sampai dia keluar dari kamarnya. Lalu bagaimana dengan luka-luka di seluruh tubuh David? Darimana dan siapa yang melakukannya kalau bukan CKL? Terbukti dari ceritanya, CKL telah berbohong. Dengan keadaan David yang banyak luka sayatan dan tusukan-tusukan di sekujur tubuhnya, bagaimana mungkin David masih bisa berjalan keluar kamar dan mengejar CKL yang memegang pisau. Apalagi kaki kiri David dari pangkal paha sudah dipelintir hingga patah dan cacat. Bagaimana mungkin David masih bisa berjalan bahkan menaiki tembok dan turun ke jembatan kaca dengan tangan kanan yang sudah cacat juga karena urat tendonnya sudah putus? Berarti CKL dan saksi-saksi lain dari pihak NTU dan Singapore bersaksi palsu ketika semuanya mengatakan David menaiki pagar tembok dan turun ke jembatan kaca. Pada tanggal 2 Maret 2009 malam, presiden NTU dan lain-lain memberitahukan kepada kami keluarga, hanya ada 1 (satu) saksi yang melihat kejadian yaitu seorang wanita Iran. Tapi mengapa sekarang ada begitu banyak saksi yang katanya melihat kejadian? Tidak mungkin NTU tidak tahu kalau ada banyak saksi pada hari itu, pasti orang-orang tersebut disuruh bersaksi palsu untuk menyalahkan David karena kami tidak menerima kematian David yang mengenaskan itu dan kami menempuh jalur hukum untuk mengusut kasus ini.

Cheah Chien Chern (CCC)

Mengapa CCC hanya bersaksi melihat CKL badan dan tangannya berdarah tetapi dia sama sekali tidak mengatakan keadaan David yang jauh lebih banyak darahnya dan terluka parah? Berarti dia berbohong karena mungkin dia sama sekali tidak melihat David. Ceritanya hanya disesuaikan dengan skenario yang sudah diatur oleh NTU.

Pattarin Kusopalin

Kesaksiannya juga tidak menceritakan keadaan David yang jauh lebih parah dari CKL. Yang ditekankan hanya CKL yang berdarah, sesuai dengan skenario mereka.

Hong Guo Zhen (HGZ)

Bagaimana HGZ bisa mengatakan CKL yang tangannya memegang pisau masih bisa ketakutan melihat David yang bertangan kosong di depan kamar CKL? Dia juga hanya bisa melihat CKL yang punggungnya berdarah tetapi dia katakan tidak melihat keadaan David dan tidak tahu sama sekali tentang luka-luka David. Malah dalam kesaksian palsunya dia katakan masih sempat mengambil foto CKL yang bingung dan kesakitan dengan pisau masih di tangan CKL. Mengapa dia tidak mengambil foto David? Ini membuktikan kesaksiannya juga sudah diatur sesuai skenario.

Lobna Kamyab

Bagaimana Lobna bisa mengatakan David mendadak keluar entah dari mana dan memanjat tembok dan turun ke jembatan? Tidak tahukan dia bahwa kaki kiri dan tangan kanan David sudah cacat dan tidak mungkin melakukan hal itu. Menurut Lobna dia berbicara dengan David selama 10 menit. Bagaimana mungkin David masih bisa berbicara selama 10 menit dengan bibir atas yang sudah hancur ditebas pisau dan leher yang sudah disayat pisau sampai mengeluarkan darah hingga ke dada? Aneh kalau Lobna juga hanya mengatakan tangan David yang berdarah dan tidak mengatakan luka-luka di bagian tubuh lainnya? Kalau benar David berada di atas jembatan kaca itu selama 10 menit, mengapa tidak ada bantuan dan persiapan pertolongan sama sekali di bawah taman? Kesaksian yang dibuat-buat untuk membela NTU.

Tao Sui

Tao Sui di dalam kesaksiannya mengatakan melihat David berdiri di atas jembatan kaca selama beberapa menit sebelum duduk di atas jembatan. Tetapi mengapa tidak ada jejak-jejak kaki di atas jembatan kaca? Bukankah kaki David berdarah dan tidak memakai sandal? Kesaksiannya juga menunjukkan kebohongannya.

Ronald Tan Wei Kang

Dia juga sama bohongnya. Mengapa dia bisa melihat tubuh David banyak darah tapi tidak bisa melihat luka-luka tusukan di tubuh David? Bukankah luka-luka tusukannya sampai berlubang?

Lin Zhen Xing (LZX)

Banyak saksi-saksi lain mengatakan David duduk di jembatan bagian atasnya. Tetapi LZX mengatakan melihat dan merekam David duduk di bagian bawah jembatan. Mengapa kesaksiannya berbeda-beda? Kesamaannya hanya semua tidak melihat ada luka-luka di tubuh David. Mengapa di dalam rekaman videonya hanya terlihat buram, goyang dan dari jauh belakang seseorang yang hanya duduk-duduk dari jembatan bagian bawah saja? Wajahnya tidak kelihatan sama sekali dan tidak ada adegan lompat bunuh diri sama sekali. Aneh bukan hanya karena alasan HPnya mau digunakan untuk menelepon campus security? Bukankah bisa memakai HP Liu Yan yang kata LZX berada di sampingnya. Apalagi di dalam video tersebut keadaan di sekitar jembatan tersebut kosong melompong. Bukankah LZX mengatakan pada waktu itu dia melihat Lobna sedang berbicara dengan orang tersebut? Konspirasi yang terlihat kebohongannya.

Liu Yan

Dia katakan melihat David duduk di jembatan kaca bagian atas dari jarak 30 meter. Tetapi LZX yang berdiri di sampingnya mengatakan melihat David duduk di jembatan kaca bagain bawah dari jarak 10 meter. Aneh dan kelihatan dustanya.

Tung Wang Why (TWW)

TWW juga berbohong karena mengatakan David duduk di jembatan kaca bagian atas, padahal tidak ada jejak-jejak darah yang berbentuk kaki atau bekas duduk di sana.

Seet Lye Ping (SLP)

Kebohongannya sama dengan TWW walaupun dia katakan tidak melihat David melompat.

Tan Kian Hua

Kebohongannya sama dengan TWW dan SLP

Dalduri Bin Abdulllah

Kesaksiannya sama bohongnya dengan saksi-saksi lainnya dengan mengatakan tidak ingat apakah tubuh David berdarah. Padahal dia melihat tubuh David dari jarak yang dekat. Apakah matanya buta tidak bisa melihat David yang mandi darah?

Dr. Ng Tien Khee

Dia katakan meilhat Lobna berbicara dengan David dan hanya mengatakan luka David Cuma di salah satu lengan bagian bawahnya. Kesaksiannya juga disesuaikan menurut skenario yang sudah diatur.

Julianna Binte Amir

Dia katakan tidak ada tanda-tanda khusus di masing-masing pisau yang terdapat di pantry NTU, tapi anehnya kenapa dia bisa yakin pisau yang ditunjukkan polisi kepadanya adalah dari pantry Hall 4 dimana David tinggal? Mula-mula mengatakan tidak tahu jumlah pisau di pantru karena banyak sekali, tetapi akhirnya mengaku ada 8 buah. Kalau di satu pantry saja terdapat 8 pisau, berarti berapa jumlah pisau yang ada di seluruh pantry di NTU? Apakah NTU adalah gudang penyimpanan pisau? Anehnya lagi ketika pada tanggal 2 Maret 2009 sekitar jam 2 polisi datang menemuinya, semua pisau sudah tidak ada di lemari pantry Hall 4. Bukankah itu sudah membuktikan Julianna bersaksi palsu? Demikian pula perkataan yang diucapkan oleh Su Guan Ning, presiden NTU yang mengatakan kepada kami bahwa pisau itu benar dari Hall 4. Ada lagi, pada tanggal 27 Mei 2009 keluarga pergi menyelidiki ke NTU, di sana kami bertemu dengan seorang mahasiswa teman David yang tinggal di Hall 16, dia katakan di pantry Hall 16 juga tidak pernah ada pisau, lalu dia mengajak kami ke Hall 4, di sana kami bertanya kepada seorang mahasiswa di Hall 4 (Marvin H) dia juga katakan di pantry Hall 4 tidak pernah ada satu pun pisau dari dulu. Pengakuannya itu juga diliput oleh TV One. Ada juga alumni NTU yang mengatakan biasanya professor NTU menyimpan pisau dari kamarnya untuk mereka memotong buah. Disini terbukti bahwa NTU sudah dari awal menyusun skenario untuk membohongi semua orang supaya Davidlah yang dianggap bersalah, bukan CKL dari NTU.

Dr. Christopher Kc Syn

Dia bersaksi bahwa darah di bangku adalah darah David. Jadi mengapa CKL mengatakan dia ditusuk dari belakang oleh David ketika sedang duduk? Bukankah berarti seharusnya darah di bangku adalah darah CKL?

Lim Chin Chin

Walaupun dia mengatakan di kamar CKL darah yang paling banyak ditemukan adalah darah David, tapi dia tidak mengatakan darah-darah itu disebabkan karena David luka parah. Malah dia mengatakan darah di telapak kaki David adalah akibat dari darah yang keluar dari tangan dan terinjak oleh David, dia juga mengatakan tidak ada luka sama sekali di kaki David. Bagaimana dia berani bersaksi demikian karena kenyataannya di kaki kanan David banyak terdapat sayatan-sayatan pisau dan tusukan yang dalam di samping dalam pergelangan kaki kanan? Kaki kiri juga terdapat sayatan-sayatan pisau dan memar-memar. Darah yang menetes dari tanganpun tidak mungkin terinjak oleh kaki kalau berjalan, karena darah menetes jatuhnya ke samping kaki. Dia juga mengatakan darah di bokong David akibat karena David duduk di genangan darah. Mungkinkah menduduki darah akan menyerap kain celana yang tebal sampai ke paha? Yang tidak masuk akal lagi, katanya di handle pisau itu hanya sidik jari David yang ditemukan. Jadi dengan apa dan siapa yang melukai David sampai sekujur tubuhnya penuh luka sayatan dan tusukan-tusukan? Bukankah pisau sudah direbut CKL ketika David mau menusuk lagi kata CKL dalam kesaksiannya?

SSgt Lee Tien Piew

Gambar Sketch Plan of NTU Block S1 yang dia buat ada kebohongan dan disengaja untuk menutupi kenyataan. Mengapa dia tidak menulis ruang apa di sebelah seberang kamar CKL? Padahal ruang tersebut adalah pantry. Padahal semua ruangan-ruangan lain dia tulis ruang apa, bukankah ini sebuah kesengajaan?

Dr. Ho Yew Meng, Samuel

Pada tanggal 13-04-2009 dia membuat laporan kesehatan CKL dimana dia mengatakan luka di tangan kanan CKL diakibatkan ketika si pasien berusaha memindahkan pisau dari belakang punggungnya (berarti berbeda dengan kesaksian CKL) dan sudah sembuh pada tanggal 10-03-2009. Tetapi mengapa pada tanggal 10-05-2009 dia membuat klarifikasi laporan kesehatan CKL dimana dia menulis luka di tangan CKL disebabkan oleh objek tajam seperti sebuah pisau? Mengapa dengan mudahnya seorang dokter bisa merubah medical report hanya untuk membela seorang CKL?

Ssgt Joe Ng Suan Tek

Mengapa dia mengatakan laptop David berisi sebuah tulisan “Kata-kata terakhir” dimana dituliskan David tidak bahgia dengan kehidupannya yang tidak berarti dan dia sering melihat orang tuanya bertengkar karena ekonomi yang tidak baik? Juga dia sering menangis karena keluarga, teman dan guru-gurunya. Kakaknya juga kadang-kadang baik dan kadang-kadang tidak. Ibunya mengontrol seluruh keluarganya. Dikatakan juga David bahkan tidak akan mengeluarkan air mata jika ayah dan ibunya meninggal. Di dalam laptop David juga dikatakan David pernah membuka webpage tentang bunuh diri dan pembunuhan beberapa kali. Sungguh kejam dia menggunakan taktik ini untuk merusak nama David dan keluarga. Tidak mungkin David menulis surat itu karena boleh dibilang David tidak pernah menangis karena keluarga, teman dan guru-gurunya. Dia adalah anak yang sangat baik, suka menolong teman dan tidak pernah berkelahi dengan temannya. Mana mungkin orang-orang di sekitarnya bisa membuatnya menangis. Ekonomi kami juga cukup baik walaupun bukan kaya raya, terbukti dari SD kelas 1 sampai tampat SMA, David bersekolah di sekolah favorit yang cukup mahal biayanya. David juga sangat dekat dengan keluarga terutama ibunya. Bahkan David kadang-kadang tidur dengan ayah dan ibunya kalau pulang ke Jakarta di hari liburan. David juga dekat dengan kakaknya dan tidak pernah bertengkar. Joe juga mengatakan tulisan itu diketik pada tanggal 25-01-2009. Itu adalah hal yang mustahil dan sebuah FITNAH! Pada tanggal tersebut David sedang berada di Jakarta dan pada hari itu kami sekeluarga sedang keluar rumah untuk jalan-jalan dan acara makan keluarga karena tanggal 26-01-2009 adalah tahun baru Imlek. Laptop ada di dalam rumah kami dan tidak ada seorangpun di rumah. Juga untuk apa David membuka webpage tentang bunuh diri dan pembunuhan? Seseorang jika ingin bunuh diri tidak perlu mempelajari caranya terlebih dahulu, anak kecil saja bisa tahu cara untuk bunuh diri, apalagi orang sepintar David. Kalau David ingin membunuh CKL, mengapa akhirnya David yang terbunuh dengan luka-luka yang begitu banyak? Mengapa David datang ke kamar CKL dengan berpakaian santai, membawa tas sekolah yang berat dan memakai sandal? Seperti itukah cara seseorang yang ingin melakukan pembunuhan? Buktinya pisau itu bukan dari pantry Hall 4 seperti yang dikatakan oleh NTU. Pasti pisau itu adalah milik CKL dan digunakan untuk membunuh David dengan kejam.

Stn Insp Soh Chee Eng (SCE)

Dia mengaku tidak pernah mengatakan kepada keluarga David pada tanggal 03-03-2009 pagi jam 10.00 bahwa tidak ada pengirisan urat pada urat nadi David karena bunuh diri di General Hospital. Kami rasa dia bukan bermaksud jujur pada kami karena pada waktu pertemuan tersebut keluarga belum member keputusan untuk membawa pulang jenazah David atau mengkremasinya disana. Pasti dia takut kebohongannya akan terbongkar jika keluarga memutuskan untuk membawa pulang jenazah David ke Jakarta. Di pertemuan tersebut SCE juga membela CKL ketika keluarga mengatakan padanya kemungkinan CKL lah yang menyerang dan melukai David dengan menjawab tidak mungkin seorang yang berusia 45 tahun bisa mengalahkan seorang pemuda berusia 21 tahun. Bagaimana seorang polisi senior bisa berpikir seperti itu? CKL adalah mantan wakil ketua DSTA (Defence Sciene and Technology Agency) sedangkan David berbadan kurus dan tidak pernah bekelahi dengan siapapun. Keluarga juga bertanya kepada SCE mengapa leher David ditempel dengan plester sebanyak 3 lapis. Dia menjawab luka itu akibat jatuh. Bagaimana mungkin seorang yang jatuh bisa melukai lehernya sedangkan dagunya sama sekali tidak terluka? Di pengadilan SCE menjawab “I didn’t remember” (Saya lupa) ketika ditanya apakah benar dia sama sekali tidak bercerita satu katapun tentang luka-luka di tubuh David kepada keluarga pada tanggal 3 Maret 2009 tersebut. Dia juga menjawab “I forget” (Saya lupa) ketika ditanya apakah benar dia mengatakan kepada keluarga David bahwa luka di leher David akibat jatuh. Kelihatan jelas dari awal polisi SCE dan NTU sudah mengatur untuk menuduh Davidlah yang bersalah.
SCE juga mengatakan flash disk David baru ditemukan pada tanggal 18 Maret 2009. Masuk akalkah itu? Bukankah kamar CKL sudah diperiksa dari barang bukti sampai darah-darah yang berceceran pun? Mana mungkin hanya di dalam sebuah kamar polisi-polisi dan dokter-dokter yang menyelidiki kamar itu baru menemukan sebuah flash disk 16 hari sesudah kejadian? Ada maksud apa di balik pernyataannya ini? Bahkan SCE berkata setelah diselidiki ternyata flash disk David hanya berisi film “Prison Break” yang sudah di delete. Mana mungkin flash disk David sama sekali tidak ada FYP nya? Bukankah David pergi ke kamar CKL dengan membawa flash disk untuk membahas FYP nya? Benar-benar sebuah skenario untuk menutupi kejahatan CKL dan NTU.

Setelah mengikuti sidang coroner ini selama 10 hari, keluarga merasa banyak rekayasa dan kebohongan-kebohongan yang dilakukan oleh saksi-saksi dari NTU dan kepolisian. Keluarga juga diperlakukan tidak adil oleh pengadilan Singapore. Karena selama persidangan berlangsung, keluarga tidak diizinkan melihat bahkan memegang foto-foto bukti di pengadilan. Hanya hakim, polisi, saksi, pengacara saja yang boleh melihat. Keluarga hanya boleh duduk di bangku “Next-of-kin” saja tanpa dapat membela diri sama sekali dan mendengar kesaksian palsu mereka.

Untung Tuhan masih berbaik hati kepada keluarga karena walaupun tidak diizinkan untuk melihat jenazah David dari leher sampai ke bawah kaki akhirnya keluarga mendapatkan sejumlah foto-foto bukti yang menunjukkan David dibunuh dengan cara sadis dan mengenaskan. Dari foto-foto tersebut terbukti bahwa :

- David tidak mungkin pernah atau dapat menaiki tembok dan turun ke jembatan kaca karena :

1. Di jembatan kaca tersebut tidak ada jejak-jejak kaki David yang berdarah

2. Tangan kanan David sudah ditusuk sebanyak 3 lubang hingga dagingnya sudah terkoyak yang mengakibatkan tangan kanan David cacat dan belum lagi luka-luka sayatan lainnya yang mengeluarkan banyak darah. Tangan kiri David juga terluka hingga berdarah

3. Kaki kiri dari pangkal paha / selangkangan David sudah dipelintir secara spiral hingga patah dan cacat

- David tidak mungkin masih bisa berbicara dengan Lobna apalagi sampai 10 menit dengan keadaan leher yang sudah disayat sehingga mengeluarkan banyak darah. Bibir atas David juga ditebas pisau hingga robek terbelah dan berdarah. Mungkinkah seseorang yang mengalami luka seperti ini masih bisa bercakap-cakap dengan seseorang?

- Posisi akhir tubuh David tidak akan seperti itu jika melompat untuk bunuh diri karena kedua tangan tertekuk dan posisinya tepat di bawah jembatan

- Wajah kiri David tidak mengenai tanah rumput tetapi mengapa wajah kirinya penuh luka-luka memar dan sayatan pisau hingga berdarah. Ini menunjukkan luka-luka ini sudah dialami David di kamar Chan Kap Luk

- Soh Chee Eng terbukti berbohong dengan mengatakan luka di leher David adalah akibat jatuh. Terlihat jelas dalam foto ada sayatan pisau di leher David hingga darah mengalir sampai ke dada

- Saksi-saksi ahli dari kedokteran pun semua memberikan pernyataan yang membela Chan Kap Luk. Mereka sama sekali tidak pernah mengatakan luka-luka yang dialami David seperti yang terlihat di foto-foto. Mereka berusaha menutupinya sebisa mungkin dan kalau sampai terdesak mereka katakan luka itu kemungkinan karena jatuh. Sedangkan luka CKL yang hanya demikian kecil dibuat besar dan seakan-akan CKL lah korbannya. Masih beranikah mereka mengeluarkan pernyataan-pernyataan tersebut jika foto-foto bukti diperlihatkan di depan mereka?

- Bagaimana kepolisian Singapore pun masih bisa berpikiran bahwa David yang menikam CKL dan melompat bunuh diri setelah melihat semua kejadian? David mengalami luka tusukan-tusukan, sayatan-sayatan pisau, kekerasan benda tumpul dan penyiksaan dipelintir kaki kiri dari selangkangan oleh Chan Kap Luk hingga tewas secara mengenaskan. Mengapa polisi masih membela Chan Kap Luk dan NTU?

- Mengapa pengadilan Singapore masih belum bisa mengetahui bahwa semua saksi-saksi dari pihak NTU dan polisi adalah bohong dan tidak sesuai dengan kenyataan-kenyataan yang terlihat di dalam foto-foto bukti kejadian?

- Menurut analisa ahli forensik dari Indonesia Dr. Djaja Surya Atmadja, ginjal dan lever David robek karena pukulan-pukulan benda tumpul bukan akibat jatuh seperti analisa dokter forensik dari Singapore. Tetapi pengadilan coroner Singapore tidak mengizinkan dokter dari Indonesia untuk bersaksi. Bagaimana dengan perut kanan bawah David yang mengeluarkan darah begitu banyak sampai ke paha? Begitu juga bokong belakang David yang berlumuran darah hingga ke paha. Mana mungkin darah-darah itu diakibatkan oleh luka akibat jatuh di tanah rumput? Keluarga yakin David pasti sudah dibunuh secara sadis di dalam kamar Chan Kap Luk.

- Pihak NTU dan kepolisian mengeluarkan cerita-cerita atau bukti palsu yang menunjukkan David ingin melakukan pembunuhan dan bunuh diri. Mana mungkin David sudah berencana melakukannya pada hari itu karena sehari sebelumnya David bermain game terus sampai jam 03.00 pagi (tanggal 2 Maret 2009) dan pada jam 08.55 pagi David sempat membalas posting teman main gamenya melalui forum Destiny Online. Bisakah seseorang sesantai itu jika ingin melakukan pembunuhan dan bunuh diri? Laptop David pun di kamarnya masih keadaan hidup dan MSN nya online. David pun pergi ke tempat CKL dengan berpakaian santai, memakai sandal dan membawa tas kuliahnya yang berisi barang-barangnya dan sebotol air minum yang isinya 1500cc. Mana mungkin David membawa tas yang begitu berat jika dia ingin melakukan pembunuhan dan bunuh diri? Kalau ingin bunuh diri kenapa harus bersusah-susah menaiki tembok dan turun ke jembatan kaca dulu baru melompat ke bawah? Kenapa tidak langsung lompat saja dari tembok coridor itu? Semua itu pasti kebohongan untuk membuat opini David melompat bunuh diri, padahal yang sebenarnya David sudah dibunuh dulu baru dilempar ke bawah.

- Pada hari Jumat 6 Maret 2009 seorang project officer NTU yang bernama Zhou Zheng (ZZ) yang berasal dari Hu Bei, China ditemukan tewas dan dikatakan gantung diri. ZZ baru mulai bekerja pada tanggal 2 Maret 2009, yaitu hari dimana meninggalnya David. ZZ juga berada di jurusan yang sama dengan David, juga berada di peminatan yang sama dengan David yaitu Infocomm, dan juga menempati laboratorium yang sama dengan David (S2-B3a-06). Bagaimana mungkin terjadi sesuatu yang sangat kebetulan yang erat kaitannya, dalam waktu 5 hari ada 2 warga NTU yang satu jurusan sama-sama meninggal? Lalu bagaimana dengan pengakuan salah satu matan mahasiswa Indonesia yang bernama ASALIM yang pernah menjadi Project Officer di NTU yang menjelaskan bahwa di hari pertama seorang Project Officer bekerja, ia harus mengambil kunci untuk membuka laboratorium. Kemudian untuk mengambil kunci tersebut, ia harus menemui professor kepala yang ruangannya sangat berdekatan dengan ruangan CKL (TKP) pada jam yang kurang lebih sama dengan waktu kejadian (kurang lebih jam 10). Banyak yang yakin sekali bahwa Zhou Zheng pastilah saksi mata atau orang yang terlibat juga dalam kasus ini. Lalu pada tanggal 28 Maret 2009, seorang peneliti NTU dari jurusan yang sama dengan David (Electrical & Electronical Engineering) yaitu HU KUN LUN, tewas tertabarak mobil ketika sedang menunggu bus untuk pergi bekerja. Sangatlah jarang terjadi kecelakaan seperti itu di negara Singapore yang tata cara berlalu lintas nya sangat tertib. Dan sangatlah janggal dalam waktu KURANG dari sebulan, ada 3 (tiga) orang yang sama jurusannya di NTU bisa meninggal.

- Tanggal 5 Maret 2009, pihak NTU, Singapore melalui media Singapore meralat pemberitaan bahwa David bukan bunuh diri tetapi TERJATUH. Mengapa mereka sekarang merubah pernyataannya dan banyak saksi-saksi yang disuruh mengatakan melihat David melompat bunuh diri? Apakah karena sebelumnya mereka mengira keluarga David menerima kematiannya begitu saja? Kelihatan sekali NTU sudah mengatur cerita dan berbohong untuk membela Chan Kap Luk dan menyalahkan David.

- Kacamata David juga tertinggal atau jatuh di kamar CKL. Pasti terlepas ketik David sedang dibantai apalagi karena wajah David yang begitu parah lukanya. Bagaimana David bisa melihat dengan jelas apalagi untuk melukai CKL tanpa kacamata, karena David memiliki mata yang minus 6 dan silinder 2.75?

- David tidak pernah atau tidak mungkin mau bunuh diri seperti yang diceritakan pertama kali oleh Su Guan Ning yang katanya ada saksi mahasiswi Iran yang melihat David mengiris urat nadinya sebelum melompat. Dengan apa David mengiris urat nadinya sedangkan pisau sudah berada di tangan Chan Kap Luk ketika masih di dalam ruangan sampai dia keluar dan berjumpa dengan orang lain yang melihatnya? Sudah jelas berita David bunuh diri sengaja dibuat oleh NTU untuk membohongi semua orang agar percaya kematian David akibat bunuh diri, bukan dibunuh. Kini terbukti tidak mungkin David mengiris urat nadinya dan pasti jatuhnya David bukan karena melompat tapi dilempar oleh orang lain apalagi kaki dan tangan David sudah cacat. Soh Chee Eng pun masih berusaha menutupinya dengan tidak mengaku pernah mengatakan tidak ada pengirisan urat nadi di tangan David. Jelas Soh Chee eng bersekongkol dengan NTU, untunglah terbongkar kebohongannya. Dengan demikian makin jelas dan terbukti bahwa David DIBUNUH di dalam kamar Chan Kap Luk.

- CKL juga berbohong karena dia berkata bahwa dia bertemu David hanya 4 atau 5 kali sejak Agustus 2008 sampai 2 Maret 2009 dan tiap kali nya CKL lah yang meminta David untuk bertemu dengannya untuk mendiskusikan FYP David. Dari bukti email David yang diperlihatkan di pengadilan, Davidlah yang meminta bertemu dengan CKL untuk membahas FYP. David juga meminta pertemuan diadakan di pagi atau siang hari dan menolak di sore atau malam hari seperti yang diminta oleh CKL. CKL juga berbohong karena mengatakan FYP David tidak ada kemajuan. 2 atau 3 minggu sebelum kejadian David pernah mengatakan kepada keluarga bahwa FYP nya hampir selesai. Kawan-kawan David juga banyak yang bercerita bahwa FYP David hampir selesai dan tidak ada masalah sama sekali bahkan FYP David termasuk 3 terbaik di NTU.

- David selalu membawa handphone dan diletakkan di kantong celana bagian paha depan. Namun HP David ditemukan dan diambil polisi dalam keadaan yang utuh dan tidak rusak. Berarti hal ini membuktikan bahwa ketika David dilempar kebawah HP David sudah diambil oleh seseorang.

Sumber : Iwan Piliang, literary citizen reporter, blog-presstalk.com

bagian catatan kejanggalan, sumber : Tjhai Lie Kiun , ibu kandung David Hartanto Widjaja

5 komentar:

toko.semarang mengatakan...

Prof. CKL dan rekan-rekannya, ingatlah kebohongan kalian bisa menjadi awal kehancuran negara kalian.
Biarlah Tuhan sendiri yang akan menyingkap misteri ini.

triwantina mengatakan...

apakah semua kejanggalan2 itu sudah di bahas di persidangan?.. apa komentar hakim2nya?.. kalau memang pengadilan masih juga berat sebelah, indonesia berhak meminta dari peradilan internasional atau dari negara yang netral..

yenni 'yendoel' mengatakan...

apa gak bisa minta test kebohongan?

florzz mengatakan...

I believe that david was killed by ckl...
so i hope ckl will regret for what happen with david h.w. n hope he will go to jail...

4life Transfer Factor Indonesia mengatakan...

kayaknya prosesnya makin berbelit-belit ya.

ayo ungkap kebenaran, love indonesia..

btw, salam kenal yah