Untuk informasi terkini mengenai kasus David Hartanto, silahkan kunjungi www.davidhartanto.com

Rabu, Maret 04, 2009

Kenyataan Dibalik Insiden David Hartanto (?)

Cuma terjemahan, dari seorang teman kuliah Ming2 di NTU.

edwin2026:
Saya salah satu teman dekat David Hartanto dan saya disini untuk memberikan beberapa fakta, asumsi, dan kemungkinan tentang kasus ini.

Fakta:
1. Lok Tat Seng, Dekan Mahasiswa NTU mengumpulkan semua mahasiswa Indonesia di International Student Center pada sore setelah insiden, dan dia hanya berkata bahwa ada saksi di tempat kejadian yang melihat tubuh David terbaring diatas tanah, meninggal. Lok Tat Seng tidak berkata bahwa saksi melihat David melompat dari balkon, dan
hanya itu -menurut dia- yang saksi lihat.

2. Satu-satunya pernyataan resmi dari pihak kepolisian adalah: David ditemukan meninggal pada TKP, mereka tidak menyebutkan bahwa dia melakukan bunuh diri.

Linknya: http://www.straitstimes.com/STI/STIM...20at%20NTU.pdf

Mereka juga hanya menyebutkan 'Profesor dipercaya telah ditusuk' Polisi tidak menyebutkan bahwa 'Profesor telah ditusuk' Darimana asumsi ini datang? Mengapa mereka tidak mengatakannya?

3. Saya dan beberapa teman bangsa Indonesia berkumpul malam ini, 3 Maret 2009, jam 8 malam di International Student Center dan berbincang dengan orangtua David, Mereka telah melihat tubuhnya. Disana TIDAK ADA LUKA atau tanda apapun pada pergelangan tangannya, dan polisi juga telah mengkonfirmasikannya.

Saya berasumsi bahwa orangtuanya tidak berbohong, dan berarti semua pemberitaan yang menyebutkan 'David menyayat pergelangan tangannya' adalah PALSU.

4. Luka yang ditemukan pada tubuh David, menurut orangtuanya, adalah pada kepalanya (Diduga pada saat jatuh), dan luka sayatan pada lehernya. Luka pada lehernya ini sangat mencurigakan menurut saya. Darimana dia menerima luka tersebut? Lagi, menurut orangtuanya, polisi menduga luka itu terjadi saat bagian bawah kepalanya jatuh ke tanah. Jika begitu, seharusnya dagunya rusak, dan itu tidak.
Pertanyaan saya adalah: DARIMANA LUKA SAYAT PADA LEHERNYA BERASAL?

Asumsi/Dugaan:
1. David menusuk profesor. Darimana anda tahu? TKP adalah ruangan tertutup, hanya David dan profesor itu. Tidak ada yang melihat apa yang terjadi. Saksi mata hanya melihat David lari keluar dari ruangan itu.

2. David bunuh diri. Bagaimana mungkin seseorang yang melakukan bunuh diri menjatuhkan dirinya ke atap kaca, dibanding menjatuhkan dirinya langsung ke tanah.

3. David menyayat pergelangan tangannya. Saya tidak tahu darimana berita ini berasal.

4. Motivasi David.
4.1 Dia kecewa karena prof tidak memberinya nilai yang memuaskan
Nilai belum dikeluarkan, dan bahkan dia belum menerima rapornya. Juga adalah peraturan NTU untuk tidak menginformasikan mahasiswa tentang nilainya sebelum saat pengumuman nilai.

4.2. Dia memiliki masalah mental
Tidak ada catatan di Pusat Konseling Mahasiswa tentang kehadirannya. Untuk murid yang brilian sepertinya, saya tidak percaya dia tidak datang konseling jika dia punya masalah. Juga, dia masih membawa tas dengan barang-barang yang biasa digunakan pada hari insiden, seperti botol minum, handuk, dll. Jika dia berencana membunuh seseorang, mengapa dia harus membawa barang-barang seperti itu, akan lebih mudah untuk hanya membawa satu buah pisau dan menusuk prof di TKP.

4.3. Dia kecewa karena beasiswanya telah dicabut.

Saya kenal David sejak menjadi teman 1 kamarnya 2 tahun berturut-turut sejak kamp pelatihan Olimipiade Matematika. Dia hampir tidak terpilih untuk IMO (International Mathematics Olympic), hanya memperoleh urutan 14 dari 15 orang yang terpilih. Dia masih bercanda dan tertawa pada saya saat itu. Dia juga tidak memperoleh apapun dari IMO dan masih baik2 saja, tidak terlihat tertekan atau apapun, dan menurut orangtuanya, dia berkata "Setidaknya, saya telah mewakili Indonesia pada IMO'. Dia juga masih bermain game Hammerfall di Facebook pada jam 2 pagi pada hari insiden. Teman saya melihat account Facebook-nya online. Bagaimana mungkin seorang pembunuh bermain game pada malam sebelum insiden? Jika saya menjadi dia, saya akan serius mempersiapkan esok hari.

Kemungkinan-kemungkinan:
1. Profesor menyerang David. Saya menyimpulkan hal ini karena beberapa poin penting.
Menurut banyak laporan, pakaian David basah oleh darah. Jika darah itu hasil menyayat pergelangan tangannya, seharusnya tidak membasahi pakaiannya karena pergelangan tangan jauh dari tubuh. Jika dari luka leher, hal itu lebih mudah terjadi.

2. David mencoba lari dari Profesor. Setelah menyadari bahwa dia diserang, dia mempertahankan diri dan lari dari ruangan itu, dengan luka di lehernya.

3. David jatuh karena hilang kesadaran. Dia menjadi panik dan mungkin kehilangan kesadaran karena pendarahan parah, sehingga terjatuh ke atap kaca untuk lari dari Profesor.

Saya bertanggung jawab atas apa yang saya tulis disini, hubungi saya di kaminari.no.me@gmail.com jika anda perlu klarifikasi.

32 komentar:

muslie mengatakan...

ijin copas men buat di colong di taro di kaskus..

thx

cl4y_m4n mengatakan...

sip, sebar luasin sebanyak2nya

muslie mengatakan...

thx men...

Anonim mengatakan...

waduh..dr awal gw dah curiga ada yang ga beres disini,,,
jadi apa yg bisa kt lakukan neh?hehe..

Anonim mengatakan...

Deep condolenses..let me post ur link from my fb.

Raga Sukma mengatakan...

mantap bro. beberkan terus fajtanya

AI - Alpha Ignition mengatakan...

Beuh, ada apa" nya nih ... baik dari kepolisian, pihak universitas, dosen, dan saksi ....

Anonim mengatakan...

Hi..

gue juga minta ijin buat post this in my blog ya.

Thx!!!

DUNIA RADIO mengatakan...

coba berikan salah satu no HP temennya David di Spore, biar kita dengar diwawancarai Radio Elshinta. Kita bongkar aja bro..

Rika Fardani mengatakan...

Nyatakan dukungan Anda dengan polling:
"Sebenarnya sapa yang salah, David Hartanto atau Profesor NTU?"

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1497581

Makasih, gan!

Anonim mengatakan...

Sudut pandang baru nih dalam duni pemberitaan.

Lilie Maria mengatakan...

iya. gw sama temen2 yg laen jga udah mikir kalu something is definetely fishy. tnyata makin hari makin meluas britanya,,

Fairia Sequoia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
shadowdancer901 mengatakan...

saya sesama org indo yg ada di sgp bnr2 sgt berdukacita.kayanya ga mungkin org spt david bs spt itu.andaikata dia yg jd pembunuh pun pasti ada motif yg lbh kuat drpd itu.saya rasa tdk mungkin seorg mahasiswa yg hampir lulus melakukan hal sebodoh itu.tp semua uda terjadi.NTU milik pemerintah.seandainya terbukti prof yg membunuh pun pasti pemerintah sgp akan menutupi demi reputasi.semoga pemerintah indo lbh giat dlm mengusut perkara ini.

rayser90 mengatakan...

liat posisi luka nya dosen dulu yang ditusuk jika tangan dosen nya sampe yang luka maybe dia pelakunya and then harap darahnya diotopsi...........
gua dukung david kasian gua ma dia

Iskandar Arai Borneo mengatakan...

Anjrit, Kaget gw baca blogs Lo, bener2 180 derajat berubah, gila pemberitaan ngaco semua ternyata, tentang indo-chines anjrit hari gini masih rasis banget tuh dosen,.. kelaut aje deh, gw mencurigai jangan2 ada kelainan jiwa atau penyimpangan orientasi sexual tuh dosen, tentu harus di teliti lebih dalam.
Please Support n Do'anya temen2 kita Bangsa indonesia yg sedang kuliah diluar. Keep Spriti yo...
Thx for info Klemens Andrianto we are behind You...

abdi mengatakan...

1. Periksa semua staf NTU
2. Periksa si profesor!!!!!!
3. Periksa proyek apa yang sedang dikerjakan 2 korban itu
4. Periksa semua file pekerjaan David dan Zhou
5. Periksa semua CCTV yang ada di gedung
6. Jangan lupa, periksa juga asal muasal pisau.

The Shabby Girl mengatakan...

emg ga beres ni kasus..
moga" kebenaran cepet terungkap deh..
minta ijin copas buat d blog ma fb ya bro..

ling-ling mengatakan...

gini aja, yg musti dilakuin sekarang adalah pertama mengamankan smua perangkat gadget pribadi milik david,seperti CPU,notebook,handphone/organizer/blackberry,sekaligus data2 david selama di NTU,meskipun udah di delete smua data2nya,bisa kita buka pake software tertentu yg bisa kita dpt skg dmn2,kedua,mengamankan CCTV milik NTU saat kejadian hari itu,dan diserahkan ke pihak yg bener2 bisa dipercaya(jgn asal nyerahin pokoknya)kmdn,meminta bantuan hukum ke LSM,Interpol indonesia untuk mengusut tuntas kasus david ini,krn tanpa bantuan pihak pemerintah indonesia kita gakan mampu mengungkap tuntas mslh ini,krn sepertinya mslh ini bkn mslh sepele bagi SG/NTU (it seems there is a tight consipiration behind all these)for clayman,u dun be worry,we are always behind u,keep ur head's up, n be strong..

GamonicZzz mengatakan...

Apakah ada Kamera CCTV dikampusnya??
Tapi kalo ada pasti uda dihapus oleh pihak Kampusnya..

wijaya mengatakan...

Saran buat Keluarga David,
pakai pengacara profesional International aja untuk investigasi.
soal biaya buka Dompet kehormatan dan nama baik david saya percaya pasti banyak yang mau sumbang. Asumsi 1 org rp. 100.000 kalau ada simpatisan 100.000 org rp. 10 Millyar cukup untuk bayar pengacara.

alan mengatakan...

ga mungkin banget david bunuh diri. ayo kita dukung untuk mencari kebenaran yg sesungguhnya.

indonesia-raya-motor mengatakan...

Kemaren Malingsia, skrg Singadapur

Besok apalagi ya.....????

acvent mengatakan...

Dalam kasus ini kita melihat bagaimana hebatnya opini massa digiring oleh media massa, fakta yang sebenarnya pun bahkan bisa dibalikkan dengan mudah, yang korban menjadi tersangka yang tersangka malah jadi korban. ini adalah gaya Pembalikan informasi ala Yahudi dan Amerika, seperti kasus WTC.
Usut tuntas kasus kematian Sdr. David, pemerintah SBY melalui DepLu harus tegas jaga harga diri bangsa ini jangan keliatan seperti lumpuh dan tidak dapat berbuat apa-apa.
Tegakkan Merah Putih dan Garuda Indonesia.
Hidup Indonesia Hidup Keadilan dan Kebenaran

Vianelli mengatakan...

Expose di media massa international, biar para wartawan bergerak cari kebenaran, dan masyarakat international terbuka matanya.

Aimee Nugroho mengatakan...

harusnya jenazah ga keburu dikremasi... jadi dari pihak keluarga atau pemerintah indonesia bisa meminta bantuan dokter kehakiman dari Indonesia (forensik) untuk melakukan pemeriksaan luar ataupun otopsi.... jadi bisa dicari tahu penyebab kematiannya, bukan hanya dari sisi dokter/polisi singapore..

tapi kalo udah terlanjur gini, sampaikan aja ke keluarganya untuk coba minta bantuan polisi indonesia, KBRI, dan dokter kehakiman indonesia untuk ke singapore and minta file hasil otopsi singapore. Biasanya kalo otopsi tuh ada foto2 nya juga dan data pemeriksaan dalam. Kalo mau cari dokter kehakiman.. yang aku tau di Surabaya ada Prof. dr. Soekry.. Beliau pinter banget dan kerap menangani kasus2 pembunuhan...

Saranku kalo mau lawan petinggi2 ya harus dilawan dengan petinggi2 juga.. jadi kalo hadepin polisi Spore.. jangan keluarganya.. karena pasti mati kutu. Mending cari pihak berwenang Indo (polisi, KBRI, Dokter kehakiman)untuk membantu menangani kasus ini.


Wish u all the best

ryublossom mengatakan...

G turut b'duka cita..kita pny org seperti David,knp hrz naas sperti itu?pas lht berita di RCTI,g ga pcaya bahwa seorg mahasiswa yg pny kpintaran kyk David mlakukan hal kyk itu,dia pasti pny naluri n ga mungkin gara2 nilai jelek jd bgtu..sepintar2ny tupai melompat pasti jatuh jg,bgtu dgn profesor & pihak yg menutupi fakta itu akn jatuh dan parahny lg bakal kena karma dr God..profesor & pihak terkait itu emang berkuasa di dunia(khususny di Singapore)tp ga bs ngalahin kuasa God..g akn dukung bwt Hak David!!

XiaoXinLie mengatakan...

Ingin menyampaikan pesan yg mungkin David hartanto ingin katakan.. Jika Topicnya adalah:
"Buat apa gw berniat bunuh Profnya? & Buat apa saya nekat bunuh diri?"

i think sbg manusia apalagi punya otak pinter dalam hal berhitung, David pastilah juga bs menghitung bagaimana mendapatkan hasil yg benar utk masa depannya(spt urusan mate,fisika,kimia,or etc, setiap soal yg sulit david selalu bs menghitung untuk mendapatkan hasil yg BENAR) <-- kalo ada yg blg gw salah, terbukti david pernah mewakili INDONESIA dalam bidang tsb.

(menurut gw, stlh gw memikirkan nasib david n mendoakan dia agar R.I.P, gw spt merasa ingin berkomentar di smua blog(kalo bs anybody bs copy pesan gw ini,kl mnrt anda benar).
Saya ingin komentar yg smg scr tdk lgsg menyampaikan pesan david untuk Dunia,Jawaban BENAR dari (TOPIC) ADALAH "Buat apa gw berniat bunuh Profnya? & Buat apa saya nekat bunuh diri?" yaitu:
1. Ortu saya sudah melahirkan saya, mendidik saya dgn baik, pastilah saya akan berusaha membalas budi kedua ortu "papa n mama"
nb. Bayangkan pesan mamanya agar menjaga kesehatan dgn ingat2 banyak minum. <-- hal kecil aja david sanggupi n berbakti(spt diberitakan di tkp,bahwa di tas david,david tdk lupa membawa btl air minum n handuk). Hal kecil saja anak ini berbakti, coba bayangkan.. Kok bs ia mau (baca "topik")? Jika kita pake akal manusia.. Itu 100% ga mungkin david senekad itu. Tp jawaban tetap tuhan aja yg lebih tau..(pribadi gw hanya berharap biar tuhan aja yg menghukum atau mengasihi pihak yg terlibat dalam kasus ini)
2. David hoby main game. Dia pasti bs tau. Jika ia berbuat ("Topic"), konsekuensi msk penjara, di penjara mah ga ada yg namanya kmptr apalagi laptop,yg ada malah siksaan, belum lagi nama besar keluarga & harga diri jadi Buruk. <- ini aja uda ngeri, mana mungkin david mau bunuh diri. Msk penjara aja ogah.
3. David sudah bertahun2 belajar keras, walau dia senang games dia tdk lupa buat tugas.buktinya tmn2nya diberita mengakui david itu tdk pernah Nyontek pr org lain,artinya disiplinnya ada, wkt blajar wkt game anak ini bs dgn dewasa Mengaturnya. Logikanya David capek2 habisin waktu bertahun2 utk menimba ilmu di NTU apakah dgn bodoh korbankan jerih payahnya tanpa hasil malah minus hasil?(yg baca pasti sudah tau jwbnnya, biar anda menjawab)
4. Pengakuan abang kandungnya di media televisi indonesia(RCTI), beliau mengatakan pada hari pertama beasiswa david dicabut,david sudah menelpn papa mamanya, disana david mengatakan pa ma, beasiswa david sudah dicabut. Tetapi papa mama n abang kandung kemudian menyampaikan pada david tidak apa2. Hanya tinggal semester akhir, biayanya baru beberapa juta(saya lupa,memory saya blg kmrn diberita abangnya mengatakan sktr sing dollar $3000-$5000) dan pihak Ntu juga sudah menerima bahwa itu boleh dicicil, jadi abang kandung beliau mengatakan masalah itu sudah tdk menjadi masalah dan dibicarakan dgn tuntas,krn keluarga sudah mendukung agar david melanjutkan sampai graduate.jd tdk mngkn gara2 beasiswa diputus spt diberita. David kmdn berbuat nekat. Abang david kemudian menyesal pemberitaan media tsb.

utk admin blog, kalo tulisan saya ada yg sembarangan ngomong n ga msk akal.. Hapus aja comment gw. Krn saya hanya menyampaikan pesan/pendapat dari hati saya.
Sabbe Satta Bhavantu Sukitatha, hope David Hartanto tidak dendam n bs reinkarnasi ke alam bahagia.
Thx,
HenRy (MeDan)

Imelda mengatakan...

Ayo dunk..jgn sampe berita ini keburu basi and Singapur sama Prof itu bisa enak2an bebas setelah ngebunuh anak orang gitu aja...huh...
Kita harus bergerak lebih cepat..Desak Pemerintah Indo and China untuk usut tuntas kasus ini...Kasihan juga kan tuh staff Nanyang yang orang China mati dibubuh juga...

rizna mengatakan...

walaupun di luar sana ad yg jelek2in nama David ato ad yg memfitnahnya skali pun yg pasti orang2 yg udah ngebaca berita yg d tulis di sini pasti beranggapan sama dengan berita ini..
mgkn kita gak bisa mlakukan apa2 tapi yg pasti Tuhan tahu apa yg terjadi klo pun ad pihak2 yg dicurigai mgkn mreka msh bs bernafas lega tapi toh semua perbuatan ada balasan'a ntah baik ato buruk jadi mereka pasti mendapat balasan yg stimpal
yg penting skrg doain aj David di sana smoga smua'a bisa terungkap dengan benar..

Anonim mengatakan...

ijin copas di blog saya ya... .

hung mengatakan...

gua pikir kalo emang david niat ngebunuh dosen nye, ga mungkin itu tas di isi barang2 yang identik sama david yah.. secara langsung pasti ketauan banget.. turut berduka cita buat friends n families david.. gua ngerti rasanya..blm lama sodara g jg dibunuh org..and it felt like shit.. mungkin yg ngebunuh bisa menghindar di sini, tp nanti akir idupnya, tetep ga bisa ngelak jg..