Untuk informasi terkini mengenai kasus David Hartanto, silahkan kunjungi www.davidhartanto.com

Rabu, Januari 14, 2009

Minum Kopi Berlebihan Tingkatkan Risiko Stroke


Warning buat starbuck lovers.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi sehari akan meningkatkan risiko terjadinya perdarahan subaraknoid aneurisma.

Aneurisma adalah istilah yang digunakan bila terjadi kelemahan dan kerusakan dinding pembuluh darah dan mengakibatkan bagian dari pembuluh darah tersebut seperti menggelembung. Lemahnya dinding pembuluh darah tentu akan meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah.

Araknoid adalah lapisan tengah dari 3 lapisan pelindung otak. 3 lapisan tersebut adalah duramater, araknoid dan piamater. Ruang subaraknoid adalah ruang dibawah lapisan araknoid yang dalam keadaan normal terisi cairan serebrospinal.

Keadaan dimana pembuluh darah subaraknoid yang mengalami aneurisma pecah disebut sebagai perdarahan subaraknoid aneurisma. Dan keadaan ini merupakan salah satu penyebab dari apa yang kita kenal sebagai stroke perdarahan.

Pada penelitian ini didapatkan bahwa mereka yang mengalami perdarahan subaraknoid aneurisma ternyata 4 kali lipat lebih besar dalam hal mengkonsumsi kopi (sebanyak lebih dari 5 gelas sehari) dibanding kelompok kontrol. Selain itu, mereka juga 4 kali lebih banyak merokok dan 2 kali lebih besar dalam hal memiliki tekanan darah tinggi.

Karena itu, demi kesehatan kita sendiri, batasi jumlah kopi yang kita konsumsi dan hindari rokok. Gaya hidup sehat akan membuat kondisi tubuh kita menjadi lebih baik dan kita bisa hidup sehat lebih lama.

0 komentar: