Untuk informasi terkini mengenai kasus David Hartanto, silahkan kunjungi www.davidhartanto.com

Kamis, Januari 29, 2009

Olahraga yang benar - Perhatikan detak jantung anda.

Apa yang saya maksud dengan perhatikan detak jantung anda? Untuk mengejar kesehatan, hal yang ingin dicapai dengan berolahraga adalah pembakaran lemak, untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah, dan kebanyakan lemak lainnya. Sayangnya banyak orang tidak tahu cara olahraga yang benar, apa yang harus dilakukan, bagaimana cara melakukannya, kapan, berapa lama, dan sebagainya.

FBR (Fat Burning Range)
Dikenal juga sebagai Fat Burning Heart Rate/ Fat Burning Zone, dll. Intinya, FBR adalah rentang detak jantung anda saat berolahraga, dimana pada saat itu, tubuh melakukan pembakaran lemak, jika dibawah rentang itu, tubuh anda belum dikategorikan berolahraga, dan jika diatas rentang tersebut, tubuh anda membakar karbohidrat dan protein, serta membentuk otot (yang kadang tidak diinginkan oleh wanita), karena iut kita harus tahu olahraga yang benar.

Ini rumusannya:
220 - umur = detak jantung maksimal
detak jantung maksimal x 0,65 = batas bawah rentang anda
detak jantung maksimal x 0,85 = batas bawah rentang anda

Contoh, jika anda berumur 30 tahun:
220 - 30 = 190
190 x 0,70 = 123,5
190 x 0,85 = 161

Jadi saat anda berolahraga, jaga detak jantung anda pada rentang 123,5-161
Namun ada pengecualian untuk orang-orang yang sebelumnya sangat jarang berolahraga, maka rentang yang ada akan berkurang, untuk persisnya, lebih baik untuk check ke dokter kesehatan, namun setahu saya belum ada alat untuk mengukur FBR di Indonesia, jadi anda dapat menggunakan rumusan diatas, dan dikurangi sekitar 20 angka masing-masing batasnya, jadi untuk contoh diatas, rentangnya menjadi 103,5-161 (hal ini juga dilakukan oleh dokter kesehatan di Jakarta)

Bagaimana untuk menjaga agar detak jantung tetap pada range tersebut? Pada beberapa alat di tempat fitness, khususnya alat-alat cardio, biasanya memiliki alat untuk mengukur detak jantung, namun jika tidak ada, sebaiknya anda memiliki alat cardiometer seperti ini.


Olahraga apa yang disarankan?

Olahraga apapun, kecuali catur, golf, billiard, dan jenis olahraga yang tidak memacu jantung anda. Anda dapat main basket, sepakbola, bulutangkis, apapun, namun untuk hasil yang maksimal (sesuai dengan FBR anda) olahraga yang lebih baik adalah olahraga yang dimana anda dapat mengatur detak jantung anda pada FBR, yang dapat dilakukan adalah jogging, berenang, sepeda statis, bersepeda, senam, dll.

Bagi anda yang tidak punya waktu untuk keluar rumah, anda dapat melakukan gerakan senam di kamar anda sendiri.

Saya tidak punya waktu cukup untuk berolahraga.

Kalau anda punya waktu untuk menonton televisi sambil bersantai dirumah di pagi hari atau malam hari, berarti anda punya waktu untuk berolahraga, taruh sepeda statis atau alat treadmill di depan televisi anda, dan nikmatilah olahraga santai, anda hanya butuh 30-60 menit per hari (dapat dibagi 2 menjadi 15-30 menit di pagi dan sore/malam), untuk memperoleh kesehatan dan umur panjang.

Jangan lebih lama dari itu, jika anda memaksakan diri untuk berolahraga selama 1 jam nonstop, sedangkan sebelumnya tidak pernah berolahraga, anda akan mengalami keletihan otot. Hal ini sangat tidak disarankan, karena kita berolahraga untuk memperoleh tubuh yang fit dan sehat, bukan untuk menyakiti tubuh.

Jadikan olahraga sebagai gaya hidup dan lakukan rutin setiap hari, minimal 6x seminggu, maka anda akan memperoleh tubuh yang sehat.

1 hal yang paling penting, itu adalah niat dari dalam diri.

2 komentar:

A. Ahmad Daud mengatakan...

Info yang menarik.... sy izin untuk artikel ini sy poskan di http://sporthealth.tk

Usaha Ini mengatakan...

mantap infonya!!!
thanks...

salam,

Usahaini.com
"anyone, anytime, anywhere"